4 Cara Mengobati Ruam Popok Dengan Mudah dan Ampuh

4 Cara Mengatasi Ruam Popok Dengan Mudah dan Ampuh - Ruam popok merupakan peradangan di kulit bayi, tepatnya di bagian yang tertutup oleh popok serta biasanya terjadi di bagian bokong bayi. Bagian kulit yang biasanya mengalami ruam tersebut akan terlihat kemerahan.
 
Selain itu, ruam popok umumnya terjadi akibat reaksi kulit yang bersentuhan dengan tinja dan urine secara terus menerus. Sebagian besar pada bayi yang menggunakan popok tentunya pernah mengalami hal ini. Ruam popok sebenarnya tak berbahawa. Walaupun begitu, ruam popok bisa mengganggu kenyamanan bayi. Jadi tak heran jika bayi Anda selalu rewel saat mengalami ruam popok. jadi baca terus artikel dari kumpulan tips penyembuhan ini sampai tuntas.
 
4 Cara Mengobati Ruam Popok Dengan Mudah dan Ampuh
Gejala Terjadinya Ruam Popok
Biasanya ruam popok terjadi di 2 tahun pertama, terlebih lagi saat bayi berusia sekitar 9 bulan-1 tahun. Selain itu, ruam popok juga dapat kambuh selama si kecil masih menggunakan popok. Adapun beberapa gejala ruam popok yang sering kita jumpai diantaranya kulit terlihat memerah khususnya di bagian paha, bokong, lipatan paha hingga di sekitar area alat kelamin si kecil. Gejala lainnya bayi bertambah rewel, seperti menangis ketika bagian yang umumnya tertutup oleh popok sedang dibersihkan atau disentuh.
 
Bila kulit si kecil tak kunjung membaik, justru malah bertambah parah walaupun Anda telah memberikan penanganan. Maka sebaiknya periksakan kondisi kulit bayi ke dokter. Sebab ruam popok tak jarang bisa memicu terjadinya infeksi sehingga memerlukan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
 

Cara Mengatasi Ruam Popok Dengan Mudah

Bagi bunda yang bayinya mengalami ruam popok, berikut cara mengobati ruam popok yang bisa bunda lakukan di bawah ini :
 
1. Menjaga Kebersihan di Area Popok
Ruam popok biasanya disebabkan oleh adanya bakteri yang ada dalam kotoran bayi. Menjaga kulit bayi untuk tetap kering dan bersih bisa mencegah terjadinya ruam popok yang dapat menyebar cepat. Bila memakai popok kain, sebaiknya bunda sering melakukan pengecekan popok serta jika popoknya terkena tinja atau air pipis harus menggantinya dengan segera. Bila menggunakan diapers yang sekali pakai, sebaiknya ganti popok pada bayi Anda setiap beberapa jam sekali. Selain itu, setiap bayi pup sebaiknya langsung diganti supaya kulit bayi tidak teriritasi. Anda harus membersihkan area popok menggunakan air mengalir ketika sedang mengganti popok. Ingat, hindari menggosok bagian kulit yang mengalami ruam popok. Lalu keringkan area tersebut dengan menepuk-nepuk bagian permukaan kulit memakai handuk yang lembut. Selanjutnya angin-anginkan terlebih dulu sebelum Anda memakaikan popok baru.
 
2. Mengganti Merek Diapers
Cara Mengatasi ruam popok berikutnya yaitu dengan cara mengganti merek diapers. Gesekan yang terjadi antara popok dengan kulit bayi tak bisa dihindari. Jika Anda memakai diapers sekali pakai, sebaiknya ganti merek popok yang berbeda dengan produk yang tanpa menggunakan zat aditif atau pewangi. Hal ini sangat penting, terlebih bila ruam popok pada bayi termasuk gejala alergi.
 
 
3. Meminimalisir Penggunaan Diapers Sekali Pakai
Bila memungkinkan, sebaiknya batasi penggunaan popok sekali pakai hanya ketika bepergian saja atau ketika malam hari. Alangkah baknya, bila anak Anda mendapatkan kesempatan bermain di area yang permukaannya bersih atau sudah dilap sampai kering, sehingga Anda dapat membiarkan bayi bermain tanpa popok dalam beberapa waktu sebab aliran udara di area popok bisa mempercepat proses penyembuhan terjadinya ruam popok ini.
 
4. Hindari Pemakaian Bedak
Cara mengobati ruam popok berikutnya adalah hindari pemakaian bedak di bagian yang terkena ruam. Hal ini bisa semakin memperparah kondisi ruam popok pada bayi Anda.

anda bisa melihat contoh video youtube mengatasi ruam popok dari mbak Eka Tips & Resep berikut ini:
 
baca juga :

Related Posts:

0 Response to "4 Cara Mengobati Ruam Popok Dengan Mudah dan Ampuh "

Posting Komentar