6 Cara Mengobati Kucing Flu Dengan Mudah

6 Cara Mengobati Kucing Flu Dengan Mudah - Kucing merupakan sejenis hewan yang sangat rentan terkena flu, terlebih lagi saat terjadinya musim pancaroba. Di area tropis seperti halnya Indonesia, flu sebenarnya sangat umum dijumpai. Maka dari itu, bagi para pemilik kucing wajib mengetahui tentang gambaran umum flu yang terjadi pada kucing, bagaimana cara perawatannya dan mengobatinya.
 
Kucing flu sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam bakteri dan virus. Adapun yang paling umum dijumpai adalah chlamydia, feline calicivirus dan feline herpesvirus. Bila tak ditangani dengan segera, flu pada binatang peliharaan ini akan berakibat fatal jika dibandingkan flu yang terjadi pada manusia.

cara mengobati kucing flu
 
Gejala Yang Dialami Saat Kucing Flu
Adapun gejala yang muncul saat kucing sedang flu, diantaranya sulit bernafas, bersin, mata berair, mengalami peradangan, hidung berair, sariawan, mulut berludah dan demam. Biasanya kucing flu bisa menularkan penyakitnya dengan mudah pada kucing yang lainnya dalam lingkungan yang sama. Bila penyakit flu tersebut disebabkan oleh adanya bakteri, umumnya dengan pemberian antibiotic bisa menyembuhkan flu tersebut.
 
Lalu, Bagaimana Cara Mengobati Kucing Flu?
Adapun cara mengonati kucing flu dengan tepat, adalah sebagai berikut :
1. Melakukan Karantina
Anda bisa melakukan karantina kucing yang sedang sakit dengan kucing yang sehat. Sebab umumnya media penularan flu sendiri bisa melalui udara saat kucing sedang bersin. Bisa juga dengan pemakaian tempat minum dan makan yang berbarengan. Selain itu, karantina juga dibutuhkan karena kebiasaan hewan yang lucu ini yang gemar melakukan grooming antara satu dengan yang lainnya. Sebab hal tersebut juga termasuk akses untuk penyakit dapat berpindah tempat.
 
2. Menempatkan Kucing di Tempat Yang Hangat, Nyaman dan Bersih
Cara mengonati kucing flu lainnya adalah dengan memperhatikan kondisi kamar atau tempat tinggal kucing.. Untuk mempercepat proses penyembuhannya, sebaiknya sediakan kamar yang bersih dan nyaman. Kebersihan ruangan atau kandang juga penting dijaga saat kucing dalam keadaan yang sehat.
3. Bersihkan Bagian Hidung dan Mata
Saat sedang flu, hidung dan mata kucing umumnya ikut meradang. Terlebih lagi pada kucing Persia, maka hidung dan matanya perlu dibersihkan secara rutin tiap hari. Cairan dan kotoran umumnya semakin bertambah banyak saat kucing mengalami flu. Untuk itu, lakukan pengecekan semaksimal dan sesering mungkin, dan jangan biarkan hidung dan mata kucing dalam keadaan tersumbat atau tertutup. Alangkah baiknya untuk membersihkan bagian mata dan hidung kucing memakai air hangat.
 
4. Memberikan L-lysine Pada Kucing
Sama halnya dengan manusia, sekali hewan piaran ini terjangit oleh virus herpes, maka virus tersebut akan terus berada dalam sistem imunnya. Sebagai solusinya, Anda bisa memberikan L-lysine untuk menghambat tumbuh kembang virus. Adapun lysine di sini yaitu asam amino yang dibutuhkan sebagai pembentuk sel. Biasanya kerap digunakan untuk merangsang nafsu makan. Lysine ini bisa membuat penguat daya imun tubuh kucing mampu melawan penyakitnya.
 
5. Pemberian Vitamin C
Cara mengobati kucing flu berikutnya adalah dengan pemberian asupan vitamin C sebagai booster untuk daya imun tubuh kucing.
 
6. Selalu Memperhatikan Pembarian Minum dan Makan Kucing
Tempatkan minuman dan makanan kucing selalu berada dalam jangkauannya. Biasanya untuk mencegah dehidrasi dan melawan penyakitnya, maka kucing membutuhkan asupan minuman dan makanan yang cukup. Untuk itu, bantu hewan peliharaan Anda ini dengan pemberian jenis makanan kalengan sebagai salah satu makanan rekomendasi dokter hewan. Biasanya makanan kalengan memiliki bau yang lebih tajam sehingga bisa meningkatkan nafsu makan pada kucing.
 
Itulah 6 cara mengonati kucing flu agar cepat sembuh yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Semoga bermanfaat!
 
mungkin anda juga tertarik dengan dibawah ini:

Related Posts:

0 Response to "6 Cara Mengobati Kucing Flu Dengan Mudah"

Posting Komentar